Menu
Cara Menghilangkan Jamur di Tembok

Ampuh! 4 Cara Menghilangkan Jamur di Tembok Termudah

giskan 3 bulan ago 0

Penting untuk mengetahui cara menghilangkan jamur di tembok dengan mudah dan cepat. Jamur di tembok adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang, terutama di daerah yang lembab dan beriklim tropis. Jamur tidak hanya merusak penampilan tembok, tetapi juga dapat menimbulkan bau tidak sedap dan bahkan menyebabkan alergi atau infeksi pada kulit dan pernapasan. 

Penyebab Jamur pada Tembok

Sebelum mulai membahas tentang bagaimana cara menghilangkan jamur di tembok dengan mudah dan cepat, Anda perlu pahami jika jamur pada tembok biasanya disebabkan oleh kelembaban yang tinggi, baik dari dalam maupun dari luar rumah. 

Kelembaban dari dalam rumah dapat berasal dari kegiatan sehari-hari seperti memasak, mandi, mencuci, atau menyetrika. Kelembaban dari luar rumah dapat berasal dari curah hujan yang tinggi, banjir, atau rembesan air tanah. Kelembaban ini kemudian menempel pada tembok dan menciptakan kondisi yang ideal untuk pertumbuhan jamur.

Selain kelembaban, faktor lain yang dapat menyebabkan jamur pada tembok adalah kurangnya sirkulasi udara, pencahayaan yang rendah, kualitas cat yang buruk seperti saat membeli cat rumah warna mocca, namun Anda tidak memperhatikan merk dan kualitasnya, atau tembok yang tidak dilapisi dengan baik. Semua faktor ini dapat mempercepat proses pembusukan tembok dan memudahkan jamur untuk berkembang biak.

4 Cara Menghilangkan Jamur di Tembok

Untuk menghilangkan jamur di tembok, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

Menggunakan Cuka Putih

Cara menghilangkan jamur di tembok pertama adalah dengan menggunakan Cuka putih. Cuka putih adalah bahan alami yang dapat membunuh jamur secara efektif. 

Caranya adalah dengan mencampurkan cuka putih dengan air dengan perbandingan 1:1, kemudian menyemprotkannya pada bagian tembok yang berjamur. Biarkan selama 15 menit, lalu sikat dengan sikat bersih. Ulangi langkah ini sampai jamur hilang sepenuhnya.

Menggunakan Larutan Pemutih

Larutan pemutih adalah bahan kimia yang dapat menghilangkan jamur dan noda-noda yang disebabkannya. 

Caranya adalah dengan mencampurkan pemutih dengan air dengan perbandingan 1:3, kemudian menyemprotkannya pada bagian tembok yang berjamur. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan, masker, dan kacamata pelindung saat menggunakan larutan pemutih ini.

Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi adalah bahan yang mudah ditemukan di rumah dan dapat digunakan untuk menghilangkan jamur di tembok. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian tembok yang berjamur, kemudian menggosoknya dengan kain basah atau spons. Biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan kain kering. Menggunakan baking soda. Baking soda adalah bahan yang dapat menyerap kelembaban dan menghambat pertumbuhan jamur

Cara menghilangkan jamur di tembok dengan baking soda adalah dengan mencampurkan baking soda dengan air dengan perbandingan 1:2, kemudian mengoleskannya pada bagian tembok yang berjamur. Biarkan selama satu jam, lalu sikat dengan sikat bersih.

Baca Juga: Harga Cat Tembok 5 Kg Berbagai Merk Paling Update

Kesimpulan Akhir

Jamur di tembok adalah masalah yang dapat merusak keindahan dan kesehatan rumah Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan beberapa cara yang telah kami jelaskan di atas, yaitu menggunakan cuka putih, larutan pemutih, pasta gigi, atau baking soda. Namun, selain menghilangkan jamur di tembok, Anda juga perlu mencegahnya agar tidak muncul kembali. 

Caranya adalah dengan menjaga kebersihan dan kekeringan tembok, meningkatkan sirkulasi udara dan pencahayaan di dalam rumah, serta menggunakan cat anti-jamur saat mengecat ulang tembok Anda. Kenali juga bagaimana cara mencari merk cat tembok yang mengkilap.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara menghilangkan jamur di tembok dengan mudah dan cepat.

– Advertisement –
Written By