Menu
Merk Cat untuk Dinding Berjamur

5 Merk Cat untuk Dinding Berjamur yang Murah dan Awet

giskan 9 bulan ago 0

Jamur biasanya tumbuh karena kelembaban, cuaca hujan, atau kurangnya ventilasi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memilih merk cat untuk dinding berjamur yang tepat. Cat anti jamur tidak hanya bisa mencegah jamur tumbuh, tapi juga melindungi dinding dari cuaca dan gesekan.

Apa Itu Cat Anti Jamur?

Cat anti jamur adalah jenis cat yang memiliki kandungan khusus untuk mencegah dan menghilangkan jamur pada dinding. Cat ini biasanya berbahan dasar air atau akrilik, yang tidak mudah lembab dan kedap air. Cat anti jamur juga memiliki waktu pengeringan yang cepat, sehingga tidak meninggalkan ruang bagi jamur untuk berkembang.

5 Rekomendasi Merk Cat untuk Dinding Berjamur

Berikut ini adalah lima rekomendasi merk cat untuk dinding berjamur yang bagus dan awet:

1. Dulux Weathershield PowerFlexx

Merk cat ini adalah salah satu produk unggulan dari Dulux, yang terkenal dengan kualitasnya. Dulux Weathershield PowerFlexx memiliki teknologi PowerFlexx yang membuat cat elastis dan tahan retak. 

Cat ini juga mampu melindungi dinding dari sinar UV, hujan, debu, dan tentu saja jamur. Harga cat ini berkisar antara Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta per kaleng.

2. Propan DLI 480 Decorlotus

Propan DLI 480 Decorlotus adalah cat anti jamur yang berbahan dasar lateks akrilik. Cat ini memiliki daya rekat yang baik, sehingga bisa menutupi permukaan dinding dengan sempurna. 

Cat ini juga tahan terhadap cuaca ekstrem, seperti panas, dingin, atau lembab. Selain itu, cat ini juga mudah dibersihkan dengan air bersih jika terkena noda atau kotoran. Harga cat tembok ini sekitar Rp 150 ribu per kaleng.

3. No Drop

No Drop adalah merk cat yang spesialis dalam waterproofing atau pelapis anti bocor. Cat ini bisa digunakan untuk melindungi dinding dari kebocoran air, rembesan air, atau kelembaban. Cat ini juga mengandung fungisida yang bisa mencegah jamur tumbuh pada dinding. No Drop tersedia dalam berbagai warna dan harga yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 100 ribu per kaleng.

Baca Juga: 4 Warna Cat Tembok yang Cocok untuk Furniture Kayu Terbaik

4. Decolith

Decolith adalah merk cat untuk dinding berjamur yang berbahan dasar full akrilik di kelasnya. Cat ini memiliki kualitas tinggi dan ramah lingkungan, karena bebas timbal dan merkuri. 

Cat ini juga bisa digunakan dengan mudah dan menghasilkan permukaan yang halus dan merata. Decolith juga tahan terhadap cuaca dan jamur, sehingga cocok untuk dinding dalam maupun luar rumah. Harga cat ini sekitar Rp 80 ribu per kaleng.

5. Sika Raintite

Sika Raintite adalah merk cat waterproofing yang bisa digunakan dengan teknik pelapisan yang tepat. Cat ini bisa mencegah bocor, lembab, dan jamur pada dinding rumah. Cat ini juga memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan gesekan. Sika Raintite bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 150 ribu per kaleng. Namun, Anda juga bisa mengecek harga borongan cat yang lebih terjangkau.

Cara Menghindari Jamur pada Dinding

Selain menggunakan merk cat untuk dinding berjamur, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah pencegahan agar jamur tidak tumbuh pada dinding rumah.

  • Pastikan ventilasi rumah cukup baik agar udara bisa masuk dan keluar dengan lancar.
  • Bersihkan dinding secara rutin dengan lap basah atau sikat lembut untuk menghilangkan debu atau kotoran.
  • Jangan menempelkan barang-barang seperti lukisan, foto, atau rak pada dinding yang lembab atau berjamur.
  • Gunakan dehumidifier atau alat penyerap kelembaban untuk mengurangi kadar air di udara.
  • Jika jamur sudah tumbuh, segera bersihkan dengan cuka, alkohol, atau larutan pemutih.

Kesimpulan Akhir

Jamur pada dinding rumah bisa merusak penampilan dan kesehatan. Untuk mengatasinya, Anda perlu memilih merk cat untuk dinding berjamur yang tepat. Selain itu, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah pencegahan agar jamur tidak tumbuh kembali pada dinding rumah. 

– Advertisement –
Written By